Kehidupan Rumah Tangga Bahagia

Akan Menjadi Pasangan Ideal

Pernikahan anak pertama dengan anak terakhir dalam Mitos Jawa akan menjadi pasangan yang ideal. Hal ini dikarenakan, kebanyakan anak bungsu yang memiliki karakter manja, merasa nyaman menjalin hubungan dengan anak sulung yang memiliki karakter mandiri.

Sementara anak sulung dapat memahami kemanjaan anak bungsu karena sudah belajar dari adik-adiknya sendiri. Sehingga kedua karakter mereka akan saling melengkapi sebagai pasangan ideal dan kehidupan pernikahan mereka berjalan harmonis.

Keuntungan Pernikahan ini

Salah satu keuntungan terbesar dari pernikahan ini adalah menciptakan ikatan unik antara dua keluarga. Pasangan tersebut dapat berbagi sumber daya dan dukungan antara keluarga masing-masing, dan dalam beberapa kasus, bahkan saling membantu untuk mengatur keuangan mereka.

Selain itu, perkawinan ini juga dapat menimbulkan rasa percaya yang kuat di antara kedua keluarga, karena dilandasi oleh keyakinan bahwa anak pertama dan terakhir akan menghasilkan hubungan terbaik diantara dua keluarga.

Selain itu, jenis perkawinan ini juga dapat membantu menjembatani kesenjangan antar generasi, karena anak terakhir akan mendapat manfaat dari kebijaksanaan dan pengalaman keluarga pasangannya.

Terakhir, pernikahan jenis ini juga dapat memberikan fondasi yang kuat bagi pasangan tersebut, karena keduanya berada dalam lingkungan yang mendukung dan dapat saling mengandalkan untuk cinta dan pengertian.

Manfaat Pernikahan Anak Sulung dengan Anak Bungsu

Anak terakhir sering dimanjakan dan dibiasakan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Anak bungsu akan terbiasa memenuhi kebutuhan mereka dan mendapatkan yang terbaik. Di sisi lain, anak pertama akan belajar bagaimana bekerja keras dan berhemat sepanjang hidupnya. Saat keduanya bersatu, mereka akan belajar bagaimana menyeimbangkan satu sama lain dan menciptakan gaya hidup yang menghargai kerja keras dan kenyamanan.

Manfaat serikat adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa kedua pasangan diurus dalam pernikahan mereka.

Percaya? Ini 5 Mitos Anak Pertama Menikah dengan Anak Terakhir

Senin, 22 Agustus 2022 - 12:09 WIB

VIVA Lifestyle – Dalam masyarakat jawa beredar mitos yakni apabila anak pertama menikah dengan anak terakhir akan menjadi pasangan yang ideal. Bahkan orangtua yang percaya dengan mitos ini, menjadikan hal ini sebagai salah satu prinsip untuk memilih pendamping yang baik bagi anaknya.

Mereka akan mencarikan anak bungsu atau anak tengah untuk anak sulungnya atau pun sebaliknya. Dianggap demikian karena dilihat dari sifat dan kepribadian antara keduanya saling melengkapi. Dimana secara alami sifat yang mereka miliki menjadi pertanda seolah-akan berjodoh.

Nah, berikut Viva berikan deretan Mitos mengenai Anak pertama yang menikah dengan Anak terakhir yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

Mikul Dhuwur Mendhem Jero

Anak pertama menikah dengan anak terakhir selanjutnya adalah mikul dhuwur mendhem jero.

Mikul dhuwur mendhem jero adalah sikap seorang anak untuk menjunjung tinggi kehormatan kedua orang tua.

Caranya adalah dengan menyimpan aib serta kekurangan orang tua sebaik mungkin, sekaligus mengharumkan jasa orang tua.

Selain diwajibkan bagi setiap anak, sikap ini secara khusus juga harus dilakukan suami-istri dalam keluarga.

Artinya, seorang suami harus menutup rapat-rapat aib, kekurangan dan kelemahan yang dimiliki oleh istri.

Caranya dengan menampilkan kelebihan, keunggulan, serta kehebatan yang dimilikinya.

Begitu pula sebaliknya sikap istri terhadap suami harus mikul dhuwur mendhem jero.

Dengan begitu, perjalanan rumah tangga membuat keluarga harmonis secara lahir maupun batin.

Pasang sumeh njroning ati berarti suami dan istri dalam menjalankan kehidupan rumah tangga harus...

Mitos Anak Pertama Menikah dengan Anak Terakhir, Apakah Cocok?

Aspek mitos pernikahan anak pertama dan anak terakhir melibatkan pertimbangan karakter setiap orang dan bagaimana mereka bergaul satu sama lain.

Apakah mereka kompatibel dalam hal keyakinan dan pendapat mereka atau apakah mereka memiliki pandangan yang berbeda? Apakah mereka dapat bekerja sama dengan baik dalam pernikahan atau ada terlalu banyak konflik di antara mereka?

Selain itu, penting untuk mempertimbangkan apakah pasangan tersebut dapat menangani tanggung jawab tambahan untuk memiliki anak dan tuntutan pernikahan. Pasangan tidak cukup bergaul dan memiliki minat yang sama, mereka juga harus bisa bekerja sama dan saling mendukung melalui suka duka kehidupan berumah tangga.

Umur Pernikahan yang Panjang

Mitos yang terakhir adalah umur pernikahan yang Panjang. Karena mitos-mitos yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pasangan ini dipercayai akan memiliki umur pernikahan yang panjang, bahkan banyak yang mempercayai bahwa mereka akan berpisah karena takdir atau kematian loh.

Nah, itu deretan mitos anak pertama menikah dengan anak terakhir yang dapat Viva berikan rangkumannya ke kamu. Apakah kamu salah satu yang mempercayainya?

2. Kehidupan Rumah Tangga Bahagia

Gagasan menikahkan anak tertua di satu keluarga dengan anak bungsu di keluarga lain telah ada selama berabad-abad – bahkan disebut sebagai ‘mitos anak pertama menikah dengan anak terakhir’.

Hal ini karena diyakini bahwa kombinasi dari dua tipe kepribadian yang berbeda membuat pernikahan yang ideal. Anak tertua sering terlihat dewasa, pekerja keras, dan bertanggung jawab, sedangkan anak bungsu sering terlihat manja, riang, dan kurang dewasa.

Terlepas dari mitosnya, ada banyak variabel berbeda yang perlu dipertimbangkan saat memilih pasangan, dan banyak variabel yang dapat menciptakan hubungan yang sukses dan tahan lama. Artikel ini akan mengeksplorasi mitos pernikahan anak pertama dan anak terakhir, serta variabel nyata yang membuat kemitraan yang sukses dan saling menguntungkan.

Moms, Anak pertama menikah dengan anak terakhir mitosnya tidak akan langgeng.

Bahkan, baiknya untuk tidak menikah. Namun, benarkah demikian?

Menurut kepercayaan Jawa, terdapat sebuah mitos yang masih dipercaya oleh sebagian masyarakat.

Kepercayaan itu berupa pernikahan "tumbu ketemu tutup" yaitu pernikahan anak pertama dengan anak terakhir.

Ada juga yang menyebutkan sebagai perkawinan yang kedua mempelainya dianggap serasi, cocok dan pas.

Serasi di sini dalam artian karakter gaya hidup, misal serasi, rajin dengan rajin.

Dilansir dari UIN Satu Tulungagung Institutional Repository, kepercayaan ini sudah ada sejak zaman dahulu.

Bahkan, dalam karya-karya Sultan Agung, sang raja Jawa yang mengembangkan primbon, neton, dan perjodohan, istilah “tumbu ketemu tutup” tercatat di dalamnya.

Istilah tersebut mengandung makna yang sama, serasi, cocok.

Semisal orang yang hemat menikah dengan orang yang sama hematnya juga, atau orang yang pekerja keras menikah dengan orang yang sama pekerja keras juga.

Pasangan suami istri yang menikah dan dijuluki “Tumbu ketemu tutup” merupakan mereka yang dalam banyak sisi memiliki kecocokan.

Ibarat timbangan, keduanya bernilai sama, tidak berat ataupun ringan sebelah.

Tidak diketahui secara pasti darimana asal mula istilah “tumbu ketemu tutup”, lho Moms.

Namun, istilah "tumbu ketemu tutup" ini terjadi karena adat kebiasaan masyarakat itu sendiri dan mengalir begitu saja menjadi sebuah peribahasa atau ungkapan.

Dari turun temurun sudah ada istilah tersebut, dan itu menjadi kebiasaan orang jawa.

Baca Juga: Begini Cara Menghitung Weton Jawa untuk Pernikahan, Calon Pengantin Wajib Tahu!

Laksana Mimi Lan Mintuna

Mimi lan Mintuna adalah binatang yang tidak pernah berpisah satu sama lain.

Sebab, sifatnya melekat dan tidak pernah berpisah.

Binatang tersebut dijadikan lambang bagi suami istri untuk selalu bersatu padu secara lahir dan batin.

Tujuannya, agar keduanya dapat hidup tenang, tenteram, dan selamat.

Pasangan suami istri yang menjalani kehidupan berumah tangga harus menerapkan asas setel kendho.

Asas tersebut adalah saling mengendalikan keinginan diri dan pasangan agar hubungan harmonis.

Keduanya merupakan tokoh fenomenal dalam cerita pewayangan yang hidupnya selalu rukun, tidak bertengkar ataupun berpisah.

Baca Juga: Cara Menghitung Hari Baik Pernikahan Menurut Primbon Jawa

Masyarakat Jawa secara umum menyebut setiap pasangan suami istri pasca pernikahan dengan istilah garwa (sigaraning nyawa).

Istilah ini dalam bahasa Indonesia diartikan pecahan atau setengahnya nyawa.

Adapun nyawa adalah sumber kehidupan.

Dalam berumah tangga, suami istri harus bersama-sama merasakan suka duka (ringan sama dijinjing, berat sama dipikul).

Jika suami istri memahami peran mereka sebagai pasangan jiwa, mereka akan sukses menghadapi segala tantangan rumah tangga.

Moms, kehidupan berumah tangga secara umum tidak terlepas dari kecukupan sandang, pangan dan papan.

Kecukupan sandang, pangan, dan papan dianggap sebagai kebutuhan primer.

Secara kalkulatif, tiga kebutuhan primer di atas dapat tercukupi melalui pengelolaan ekonomi rumah tangga secara proporsional dan fungsional (gemi nastiti).

Karakter pemboros yang berbelanja tanpa mempertimbangkan kondisi bertentangan dengan prinsip hidup Jawa yang dikenal sebagai gemi nastiti.

Semakin terkelola dalam mencari dan mengatur keuangan dalam rumah tangga, seseorang akan semakin bahagia.

Perihal ini selaras dengan ajaran Asthagina yang berisi delapan kegunaan yang harus diperhatikan dalam kehidupan berumah tangga di antaranya: